Tingkatkan Ilmu Baca Qur’an dengan Metode ‘Ilman Wa Ruuhan, BPI Yayasan Daarul Hikmah Adakan Pelatihan Guru Qur’an

Sambutan oleh Yuliani, S.Pd, Ketua BPI Yayasan Daarul Hikmah Rajabasa Lampung

0

Bandar Lampung (23/06/2021) – Yayasan Daarul Hikmah kembali mengadakan pelatihan untuk guru-guru tahsin tahfidz yang khusus mengajarkan Al-Qur’an di sekolah di bawah naungan Yayasan Daarul Hikmah Rajabasa Lampung.  Pelatihan ini dilaksanakan selama 2 hari dari tanggal 21-22 Juni 2021.

Ketua Bidang Pribadi Islam Yayasan Daarul Hikmah, Yuliani, S.Pd dalam wawancaranya mengatakan,

“Pelatihan ini sementara ditujukan untuk guru-guru yang khusus mengajarkan Al-Qur’an, tetapi jika pelatihan ini sudah berhasil dalam jangka panjang, maka akan diberlakukan untuk semua guru serta semua elemen yang ada di sekolah termasuk dari karyawan sampai Kepala Sekolah.  Ini adalah salah satu ikhtiar kita untuk meningkatkan kapasitas, kemampuan agar mencapai pendekatan yang lebih baik”

Ia menambahkan, “Tema yang kita ambil untuk pelatihan ini yaitu Konsistensi Peningkatan Ilmu dan Ruhiyah Guru Qur’an. Agenda ini kita isi dengan belajar menggunakan metode baca Al-Qur’an terpadu ‘Ilman Wa Ruuhan. Apa itu metode ‘Ilman Wa Ruuhan? Metode ini secara singkatnya adalah sebuah metode membaca Al-Qur’an yang mengintegrasikan  antara ilmu membaca Al-Qur’an dan penguatan ruhiyah”

Tak hanya itu pelatihan ini diisi oleh M. Amri, S.Pd.I. Al Hafidz (Ketua Bidang Kurikulum BP2Q-SIT), Anis Khaerunisa, S.Sos.I (Ketua BP2Q-SIT), dan Ahmad Naufal, Al Hafidz (Ketua Bidang Operasional BP2Q-SIT) sebagai Pengisi Materi.

Di akhir wawancara Yuliani, S.Pd juga menambahkan,”Setelah pelatihan ini, kami berharap adanya konsistensi dalam peningkatan kapasitas untuk diri sendiri dan konsistensi untuk pengawalan, pendekatan kepada anak-anak didik dalam membaca Al-Qur’an serta implementasinya dalam pembiasaan ibadah yang lebih baik”

Dokumentasi pelatihan dapat dilihat di Galeri Daarul Hikmah

Leave A Reply

Your email address will not be published.