Memahami Karakteristik Siswa dalam Pembelajaran Masa Pandemi

SDM Pusdiklat Yayasan Daarul Hikmah Mengadakan Pelatihan Guru Tingkat SMP dan SMA

0 23

ydh.or.id – Salah satu program Yayasan Daarul Hikmah Rajabasa Lampung adalah meningkatkan wawasan dan kompetensi guru dalam menjalankan tugas mengajar dan mendidik siswa walaupun dalam kondisi Pandemi ini. Kondisi pembelajaran dimasa Pandemi ini para guru perlu membuat pembelajaran yang kreatif dan inovatif sehingga ilmu dan pendidikan karakter tetap diperoleh lalu diaplikasikan oleh siswa dilingkungannya.

Untuk menyongsong pembelajaran tahun pembelajaran 2021/2022, Yayasan Daarul Hikmah Rajabasa Lampung mengadakan serangkaian pelatihan untuk guru dan karyawan diantaranya adalah pelatihan tentang memahami karakteristik siswa secara psikologis, model pendekatannya, serta teknik pembelajaran yang sesuai karakteristik siswa, dimana pelatihan ini pesertanya dari guru jenjang SMPIT Permata Bunda Alawiyah, SMPIT Permata Bunda Islamic Boarding School  dan SMAIT Permata Bunda.

Pelatihan ini dilaksanakan selama dua hari yaitu pada hari Jum’at dan Sabtu tanggal 25 dan 26 Juni 2021 pukul 08.00-15.00 WIB bertempat di aula sekolah SMPIT Permata Bunda Alawiyah di Jl. Pulau Singkep Kecamatan Sukabumi Bandar Lampung.   Acara pembukaan pelatihan ini dibuka oleh Sekretaris Yayasan yaitu Ust.  Ir. Samsul Rizal, M.Si.  Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa,

suatu kenikmatan dan barokah dari Allah SWT karena para guru masih diberi kesempatan mendapatkan ilmu melalui pelatihan hari ini tentang memahami karakteristik siswa secara psikologis, model pendekatannya, serta teknik pembelajaran yang sesuai karakteristik siswa. Sebagai guru, dosen, ataupun sebagai da’i, idealnya tidak berhenti untuk belajar. Proses belajar itu ibarat teko yang berisi air, yang bisa menuangkan air ke dalam gelas. Teko akan menuangkan air tergantung apa isi teko tersebut. Mungkinkah air putih/air biasa yang di dalam teko yang dituangkan lalu menjadi air susu?. Tidak mungkin kita akan memberikan hal yang baik, jika di dalam diri kita tidak memiliki sesuatu yang bermuatan baik“.

Beliau juga mengatakan, “Salah satu hikmah turunnya ayat pertama yaitu Iqro (bacalah), kita diarahkan untuk belajar. Niat kita (guru) belajar saja sudah sangat baik buat kita, apalagi jika niat kita (guru) belajar/ikut pelatihan dalam rangka untuk kebaikan untuk diri sendiri dan untuk disampaikan kepada orang lain (anak didik kita). Subhanallah, semoga menjadi pahala yang luar biasa. Berapa banyak siswa kita yang sudah mendapatkan ilmu dari kita, apalagi jika sudah bertahun-tahun. Akan terus mengalir sebagai amal sholeh yang tak terputus“.

Kami atas nama yayasan mengucapkan kepada pemateri pelatihan ini, yaitu Ust. Abdul Hakim, S.Kom., M.M. yang telah bersedia meluangkan waktu untuk hadir di Bandar Lampung dan berbagi ilmunya dalam agenda pelatihan guru ini“.

Dalam akhir sambutannya, Ust. Samsul juga mengucapkan terima kasih kepada para panitia pelatihan yang sudah berupaya sebaik mungkin sehingga terselenggaranya acara pelatihan ini.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.